Sebuah persembahan dari Hati, oleh Hati, dan untuk Hati."Apa yang kita tulis tidak akan pernah hilang walau ditelan waktu.."

Selasa, 26 April 2011

Pengaruh medan elektromagnetik bagi kesehatan


            Menurut anda, apakah baik, peralatan medis sekarang ini cenderung menggunakan medan elektromagnetis, sedangkan setelah kita baca artikel ini, kita tau bahaya elektromagnetik bagi kesehatan???? Mmm.... paling juga pabrik pembuat alat medis tersebut juga merancang baik buruknya alat yang diproduksi lebih baik tidak terlalu sering aja pake alat yang mengandung medan elektromagnetis.
            Ya biasa aja sich,,, toh Aku juga sering, tidur sam bil radi, n kipas angin non stop, tapi badan biasa aja tuch!!!!.

 
Pada kehidupan manusia dewasa ini, peralatan listrik makin banyak digunakan  untuk memperoleh kemudahan maupun kenikmatan.  Peran listrik makin banyak digunakan dalam berbagai prasarana kehidupan.  Sehingga disekitar kita dikelilingi oleh medan listrik ( ML ) maupun medan elektromagnetik ( ME ) . Berapa besarkah pengaruh ML maupun ME ini terhadap kesehatan ?
Berbagai penelitian telah dilakukan untuk mengetahui  besarnya pengaruh ME maupun ML terhadap kesehatan.  Beberapa penelitian menunjukkan pengaruh gelombang ini terhadap timbulnya kanker, terutama kanker darah ( Leukemia ) pada anak. Namun beberapa penelitian lain tidak dapat membuktikan adanya korelasi tersebut.
Dari hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh medan elektromagnetik terhadap kesehatan apabila terjadi pemajanan dengan intensitas yang sangat tinggi ( hal ini sukar ditemukan dalam pemajanan nyata sehari-hari ) dengan efek terhadap : 
1. DNA, RNA, dan sintesis protein
2. Proliferasi sel
3. Respon imun
Transduksi signal membran ( hormon, enzim dan neurotransmiter
Efek – efek tersebut membuktikan bahwa pada tingkat pajanan yang tinggi akan terjadi gangguan dan pada sisi fisiologis dapat mempegaruhi beberapa fungsi seperti :  fungsi reproduksi, kardiovaskular, saraf, hematopoetik, endokrin, mutagenesis , sistem imun.
Di dalam tubuh makhluk hidup sendiri terdapat medan listrik endogen yang mempunyai peranan kompleks dalam mengontrol mekanisme fisiologis tubuh, seperti :  aktivitas saraf otot , sekresi kelenjar, fungsi membran sel , perkembangan dan pertumbuhan, serta perbaikan jaringan.  Dapat dibayangkan bila ada medan listrik yang lebih besar disekitar kita pastilah akan mempengaruhi medan listrik endogen. Paparan medan dari luar ini akan mengakibatkan stress tambahan bagi tubuh dengan akibat : transmisi sinaptik pada saraf akan bertambah cepat dan menimbulkan respon yang berlebihan yang akhirnya mengakibatkan  kelelahan pada tubuh.
Stress yang disebabkan pajanan medan listrik ini dapat menyebabkan perubahan gangguan fungsi sistem saraf otonom yang berhubungan dengan kelenjar adrenal. Dalam kondisi ini sistem saraf otonom akan mempengaruhi kinerja sistem hormonal yang dapat merangsang naiknya aktivitas hipotalamus dan Corticotrophin releasing factor ( CRF) yang berhubungan dengan hipofisis anterior serta adrenocortitrophin hormone ( ACTH ).
Dalam keadaan ini dihasilkan hormon adrenalin yang berlebihan sehingga mempengaruhi dan mengganggu kerja sistem homeostasis tubuh. Sangatlah tidak mungkin bagi kita untuk menghindari pajanan  medan listrik maupun elektromagnetik ini. Lepas dari kontroversi akibat pajanan gelombang ini terhadap timbulnya suatu penyakit  maka tidak ada salahnya kita menghindari pajanan terhadap gelombang ini, misalnya tidak menempatkan radio di sekitar kepala, tidak duduk dekat microwave yang sedang menyala, penggunaan telepon genggam yang lama dan pada saat sinyal kurang baik, tidak tinggal di daerah pajanan listrik yang besar ( di bawah tekanan tinggi ) dsb.

5 komentar:

ika nurjanah mengatakan...

Artikel yang Anda tampilkan sangat bermanfaat bagi kita. Artikel yang menjelaskan tentang bahaya-bahaya medan elektromagnetik bagi kesehatan ini dapat memberikan informasi tentang pengaruh medan elektromagnetik pada tubuh kita, sehingga kita dapat lebih berhati-hati dalam menggunakan peralatan listrik.
Dan setidaknya kita dapat mengurangi kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan berkaitan dengan medan elektromagnetik pada peralatan listrik.
Yang tentu saja kita tidak bisa meninggalkan sepenuhnya karena dalam kehidupan saat ini peralatan-peralatan tersebut penting.

Uswatun Chasanah mengatakan...

YA Benar sekali, sangat penting bagi kita untuk mengetahui apa dampak positif dan negatif dari suatu teknologi yang kita gunkan, sehingga akhirnya kita bisa mengantisipasi apa2 yang akan terjadi pada diri kita akibat drai pemakaian teknologi yang kurang tepat...trimkasih atas komentar anda,,.

ika nurjanah mengatakan...

yupz..
setidaknya sekarang saya lebih tahu dan paham tentang dampak-dampak tersebut, positif maupun negatifnya..

Uswatun Chasanah mengatakan...

oksay....

Arief Fathoni mengatakan...

Artikel anda bagus kita jadi tahu tentang bahayanya gelombang elektromagnetik bagi kesehatan tubh kita............
Dan yang saya ketahui juga gelombang pada HP bisa menimbulkan Kanker OTAK begitulah menurut penelitian badan kesehatan dunia yaitu PBB.
Oleh Karna itu sebaiknya gunakan handsfree ketuka hendak menelpon.....

Posting Komentar